Sabtu, 11 Agustus 2012

Penyakit Tiroid dan Gondok


Penyakit Tiroid

Banyak orang yang masih belum memahami penyakit tiroid. Bahkan mereka yang menjadi penderitanya sebagian besar tidak menyadari mengalami penyakit tersebut hingga gejala sudah memberat dan terlambat untuk diobati. Dampak yang cukup luas dari penyakit tiroid harus diwaspadai.

Penyakit tiroid adalah penyakit dimana kelenjar tiroid menjadi over-active atau under-active. Jika tiroid menjadi over-active, maka hormon tiroid yang dihasilkannnya lebih dari normal, disebut dengan hipertiroid. Sebaliknya, apabila tiroid menjadi under-active, hormone tiroid yang dihasilkan kurang sehingga tidak cukup untuk membuat tubuh berfungsi secara normal, dikenal dengan hipotiroid.

Menurut Dr. Em Yunir,Sp.PD-KEMD, dari Divisi MetabolikEndokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, penyebab utama penyakit tiroid adalah autoimun, yakni sebuah kondisi dimana system kekebalan tubuh menghasilkan antibody yang menyerang dan merusak kelenjar tiroid. Antibodi adalah zat yang dihasilkan oleh tubuh jika adabenda asing masuk ke dalam tubuh contohnya kuman.

Pada penyakit tiroid bisa didapatkan adanya pembesaran kelenjar tiroid, baik yang berbenjol-benjol maupun membesar seluruhnya. Berdasarkanpengalaman Dr. Yunir, dari sejumlah pasien yang berobatdi klinik metabolic endokrin RSCM, didapatkan sekitar 20% pasien dating dengan penyakit tiroid.

Mengenal Tiroid
Kelenjar Tiroid adalah kelenjar yang berbentuk menyerupai kupu-kupu, terletak di tengah leher. Pada laki-laki, kelenjar tiroid berada tepat dibawah jakun. Kelenjar tersebut menghasilkan dua hormon tiroid yaitu triiodotironin (T3) dan Tiroksin (T4) yang mengatur bagaimana badan menggunakan dan menyimpan energi (metabolisme). Kerja kelenjar tiroid oleh kelenjar lain yang disebut hipofisis yang berlokasi di otak. Hipofisis memproduksi hormone perangsang tiroid/thyroid-stimulating hormone (TSH) yang merangsang tiroid memproduksi T3 dan T4.

Butuh Disiplin dalam Terapi Penyakit Tiroid
Menurut Dr. Yunir, jika terdeteksi sejak awal, tingkat kesembuhan penyakit ini baik. Namun karena dasarnya autoimun maka penyakit ini sulit dicegah. Kendala dalam mengobati pasien jika keluhansudah hilang, kebanyakan pasientidak mau datang untuk kontrol padahal itu belum berarti sembuh. Jika pasien sudah sembuh dan control teratur, maka akan cenderung sangat jarang kambuhnya.

Pesan Bagi Masyarakat
Jika dokter sudah mendiagnosis penyakit tiroid, pasien jangan menghilang karena berobat secara teratur akan membantu pasien sembuh total. Jika keluhan sudah hilang, jangan berhenti berobat karena itu berarti belum sembuh. Pasien tidak perlu takut, hamper semua penyakit tiroid bias dikontrol dan benjolan yang besar bias dioperasi, tandas Dr. Yunir.

Menurut Dr. Yunir, hipertiroid paling sering terjadi pada wanita berusia antara 20 sampai 40 tahun, namun pria juga dapat mengalaminya. Paling sering adalah jenis struma nodosa toksik, yang biasa dikatakan penyakit gondok.
Gejala dan tanda yang dapat dikenali diantaranya selalu merasa panas walaupun di tempat yang orang lain merasa nyaman,produksi keringat berlebihan walaupun di tempat ber-AC, kelemahan otot, tangan gemetar/tremor, denyut jantung cepat/berdebar-debar.Selainitu, pasien juga dapat merasakan kelelahan, berat badan menurun, rambut mudah rontok, diare, mudah tersinggung dan gelisah,duduk tidak bias tenang,serta terdapat masalah pada mata (misalnya peradangan atau rasa tidak nyaman di mata). Awalnya kelebihan hormon tiroid hanya sedikit tapi terus-menerus rangsangannya sehingga semakin lama semakin banyak dan gejala semakin berat. Seringkali pasien tidak menyadari sampai akhirnya ada orang lain yang melihat adanya perubahan dan mengatakan kepada pasien.

 
OBAT GETAH BENING,TIROID & DIABETES ALAMI
Madu Hitam Pahit Griya Assalam merupakan obat getah bening, obat tiroid yang bekerja secara efektif  dalam menormalkan gangguan kelenjar getah bening dan tiroid serta menormalkan kadar gula darah kadar  pada penderita Diabetes tipe II dan dapat meningkatkan stamina tubuh agar menjadi fit dan bersemangat dalam beraktifitas (tidak lesu/lemah). Madu Hitam Pahit Griya Assalam mengandung unsur kromium yang berperan sebagai obat getah bening, tiroid, gondok dan obat diabetes dengan cara memperbaiki fungsi pankreas yang bertugas untuk memproduksi/mensekresi insulin untuk metabolisme gula agar dapat masuk dalam sel-sel tubuh dan tidak menumpuk pada pembuluh darah. Madu Hitam Pahit Griya Assalam juga merupakan obat getah bening dan obat diabetes yang mengandung senyawa Alkaloid yang berkhasiat untuk mengobati peradangan dalam tubuh dan memulihkan fungsi sel-sel tubuh. Madu Hitam Pahit Griya Assalam adalah obat getah bening dan obat  diabetes yang banyak mengandung hemaglobin yang berkhasiat untuk mengikat oksigen untuk metabolisme tubuh sehingga berkhasiat untuk memulihkan serta menjaga stamina dan vitalitas tubuh.


2 komentar:

  1. informasi pada artikelnya sangat bermanfaat.. thanks

    http://tokoonlineobat.com/obat-penyakit-gondok-alami/

    BalasHapus
  2. Ini bisa mengempeskan gondok y kak, biasa berapa lama

    BalasHapus