Sabtu, 25 Agustus 2012

Gejala Diabetes Anak


Kenali Gejala Diabetes Anak
Diabetes mellitus  tipe 2 mulai banyak ditemukan pada anak-anak. Kenali gejala dan tandanya, agar pengobatan tidak terlambat.
Diabetes mellitus (DM) tipe 2 atau penyakit kencing manis, bukanlah penyakit yang umum dialami anak-anak. Biasanya, penyakit ini terjadi pada orang dewasa yang kegemukan sehingga terjadi resistensi insulin. Tetapi, percaya atau tidak, penyakit ini kini mulai banyak ditemukan pada anak-anak, terutama pada anak-anak yang mengalami obesitas. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah anak penderita diabetes meningkat. Pada tahun 2009, menurut spesialis endokrinologi anak dari Fakultas Kedokteran  Universitas Indonesia Aman Pulungan, ditangani 20 kasus.

Sering Disangka Diare
Menurut dr. Luszy Arijanti, SpA dari RS Gading Pluit, tidak ada tanda-tanda khusus pada anak yang berpotensi menderita diabetes saat dewasa.”Baru akan terdiagnosa menderita diabetes pada usia 7 tahun ke atas,” ujarnya. Ini ditandai dengan sejumlah gejala yang mirip gejala diare, seperti muntah-muntah,sering buang air besar,kesadaran menurun (koma), dehidrasi berat, kejang-kejang dan sebagainya. Bedanya nafas anak berbau asam (aseton).
            Tanda dan gejala ini membuat orang tua menganggap, anaknya menderita diare berat. Akibatnya, tidak jarang anak penderita diabetes dibawa ke rumah sakit dalam keadaan koma, akibat komplikasi.
            Menurut dr.Luszy, orang tua harus memperhatikan kebiasaan makan dan aktifitas fisik anak di rumah. Juga, memperhatikan perkembangan berat badan anak.  Anak yang terindikasi menderita diabetes mellitus biasanya sering merasa lapar, sering buang air kecil, dan berat badan tidak kunjung naik.
            Jika terlihat ada gejala tersebut pada anak, segera periksakan kadar gula darah. Kadar gula darah normal pada anak, sama dengan orang dewasa yakni antara 100-140 mg/dl. Diatas angka tersebut, kemungkinan anak menderita diabetes.
            Tidak semua anak obesitas berakhir menjadi penderita diabetes. Tetapi anak obesitas dari orang tua yang menderita diabetes kemungkinan untuk terkena diabetes sangat besar.  Maka, anak obesitas yang orang tuanya mengidap diabetes, perlu hati-hati. Sebaiknya, anak jangan gemuk.

Ubah Gaya Hidup
            Anak dengan diabetes mellitus tipe 2 perlu mengatur pola makan, meningkatkan aktifitas fisik. Jika hal ini belum juga menurunkan kadar gula darah sampai batas normal, anak perlu minum obat. Dokter biasanya akan memberikan Metformin dan Insulin. Penurunan berat badan tidak dianjurkan  bagi anak yang belum memasuki usia puber.
            Untuk diet, anak diabetes mellitus bisa diberi diet yang sama dengan anak lain yakni, tiga kali makan utama lengkap dan dua kali snack. Yang berbeda adalah kombinasi lauk-pauknya dan macam buah-buahan. Contohnya, saat makan sebaiknya hindari kombinasi dual auk sumber karbohidrat. Jadi, apabila makan nasi, lauknya jangan mie, bihun atau kentang, melainkan  sayur, tahu, atau tempe. Selain itu, hindari sumber karbohidrat sederhana seperti gula, permen, softdrink, es krim dan makanan ringan dengan kadar gula yang tinggi.

OBAT DIABETES ALAMI
Madu Hitam Pahit Griya Assalam merupakan obat diabetes yang bekerja secara efektif dan cepat dalam menurunkan kadar gula darah pada penderita Diabetes tipe II dan dapat meningkatkan stamina tubuh agar menjadi fit dan bersemangat dalam beraktifitas (tidak lesu/lemah). Madu Hitam Pahit Griya Assalam mengandung unsur kromium yang berperan sebagai obat diabetes dengan cara memperbaiki fungsi pankreas yang bertugas untuk memproduksi/mensekresi insulin untuk metabolisme gula agar dapat masuk dalam sel-sel tubuh dan tidak menumpuk pada pembuluh darah. Madu Hitam Pahit Griya Assalam juga merupakan obat diabetes yang mengandung senyawa Alkaloid yang berkhasiat untuk mengobati peradangan dalam tubuh dan memulihkan fungsi sel-sel tubuh. Madu Hitam Pahit Griya Assalam adalah obat diabetes yang banyak mengandung hemaglobin yang berkhasiat untuk mengikat oksigen untuk metabolisme tubuh sehingga berkhasiat untuk memulihkan serta menjaga stamina dan vitalitas tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar