Sabtu, 01 September 2012

Kenali Gangguan Tiroid


Kenali Gangguan Tiroid

Gangguan fungsi (disfungsi) tiroid atau yang lebih dikenal sebagai penyakit gondok, sering terjadi namun masyarakat banyak yang belum memahami dan menyadari mengenai kondisi penyakit ini. Di dunia, diperkirakan sekitar 300 juta orang  menderita gangguan ini. Di RS. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, angka kunjungan sekitar 230/bulan; 84% diantaranya wanita. Memang, disfungsi tiroid lebih banyak diderita oleh kaum hawa.
            Disfungsi tiroid bisa berupa hiper (kelebihan) atau hipo (kekurangan). Tiroid adalah kelenjar yang memproduksi  hormone tiroid yang berperan penting dalam banyak hal di seluruh system dan organ tubuh.
            Jika dibiarkan, disfungsi tiorid dapat menyebabkan gangguan serius. Hepertiroid dapat menyebabkan gangguan irama jantung yang berakhir dengan serangan jantung, serta osteoporosis pada wanita menopause. Hipertiroid bisa membuat pasien koma, karena denyut jantung melambat.  Bisa juga timbul gangguan menstruasi dan/atau masalah kesuburan wanita, depresi, nyeri otot dan sendi, dan lain-lain.
            Disfungsi tiroid dapat menyerang semua usia, mulai dari bayi sampai usia lanjut. Untuk mengetahui disfungsi tiroid lebih jauh, Hanida Syafriani  dari OTC Digest mewawancarai dr. Imam Subekti, SpPD-KEMD, Ketua Divisi Metabolik Endokrin Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Jakarta. Berikut petikannya :

Seperti apa gejala awal disfungsi tiroid ?
            Gejala awal tergantung dari jenisnya ; apakah hiper atau hipotiroid. Pada hiperaktif, artinya hormone tiroid (gondok) berlebihan. Dia akan memberikan rangsangan berlebih pada system sel tubuh, antara lain yang paling dirasakan adalah pada jantung. Muncul keluhan jantung berdebar tanpa ada rangsang yang sesuai. Misalnya sedang menonton acara yang lucu, jantung berdebar; itu perlu diwaspadai.
            Kemudian, banyak makan. Hormon tiroid memiliki fungsi regulasi; memanaskan (tubuh). Jika berlebihan, makanan akan dibakar (secara berlebihan) sehingga tidak ada penambahan ke berat badan. Jadi makannya banyak namun berat badan menurun. Lalu, mudah marah; sedikit-sedikit tersinggung dan mengerjakan sesuatu selalu terburu-buru.
            Kalau hipo, sebaliknya. Orangnya kalem, lesu, tidak bergairah dan berat badan meningkat. Jika ada gejala demikian, segeralah ke dokter.

Apakah selalu ditandai dengan gondok yang membesar ?
            Sebagian besar disfungsi tiroid, hiper atau hipo, disertai dengan pembesaran kelenjar gondok. Tapi sebagian tidak terlihat oleh kasat mata. Kadang diperlukan pemeriksaan penunjang seperti USG atau scanning tiroid; pemeriksaan pencitraan untuk melihat, apakah gangguan tiroid atau bukan. Gejala fisik yang lain, yakni tangan gemetar (tremor).

Apakah penyebab disfungsi tiroid ?
            Penyebabnya tidak tunggal. Ada factor genetic, lingkungan dan endogen (dari dalam). Meski punya bakat, perlu factor lain untuk munculnya gangguan. Wanita dan usia produktif lebih banyak terkena karena wanita lebih mudah stress. Hormon seks wanita (estrogen) juga berpengaruh. Mereka yang pernah menjalani terapi radiasi, juga beresiko.

Ada hubungan dengan pola makan dan tempat tinggal ?
            Pola makan lebih berpengaruh pada hipo karena kurang konsumsi iodium. Mereka yang tinggal di daerah yang sumber iodiumnya rendah, dapat mengalami hipotiroid. Di Indonesia, misalnya di daerah Bukit Barisan, Sumatera Utara dan Kebumen, Jawa Tengah. Sementara hipertiroid lebih dipengaruhi oleh factor yang lain; bukan karena makan banyak garam, lalu menjadi hipertiroid.


OBAT GETAH BENING,TIROID & DIABETES ALAMI
Madu Hitam Pahit Griya Assalam merupakan obat getah bening, obat tiroid yang bekerja secara efektif  dalam menormalkan gangguan kelenjar getah bening dan tiroid serta menormalkan kadar gula darah kadar  pada penderita Diabetes tipe II dan dapat meningkatkan stamina tubuh agar menjadi fit dan bersemangat dalam beraktifitas (tidak lesu/lemah). Madu Hitam Pahit Griya Assalam mengandung unsur kromium yang berperan sebagai obat getah bening, tiroid, gondok dan obat diabetes dengan cara memperbaiki fungsi pankreas yang bertugas untuk memproduksi/mensekresi insulin untuk metabolisme gula agar dapat masuk dalam sel-sel tubuh dan tidak menumpuk pada pembuluh darah. Madu Hitam Pahit Griya Assalam juga merupakan obat getah bening dan obat diabetes yang mengandung senyawa Alkaloid yang berkhasiat untuk mengobati peradangan dalam tubuh dan memulihkan fungsi sel-sel tubuh. Madu Hitam Pahit Griya Assalam adalah obat getah bening dan obat  diabetes yang banyak mengandung hemaglobin yang berkhasiat untuk mengikat oksigen untuk metabolisme tubuh sehingga berkhasiat untuk memulihkan serta menjaga stamina dan vitalitas tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar