Sabtu, 28 April 2012

Retinopati Akibat Diabetes


Kompas.com - Kadar gula darah yang tinggi secara terus menerus selama bertahun-tahun dapat menimbulkan komplikasi. Salah satunya pada mata yang disebut dengan retinopati diabetik yang merupakan penyebab utama kebutaan pada penderita diabetes.
Penelitian menunjukkan, di Amerika satu dari 3 penderita diabetes mengalaminya dan hanya empat persen saja yang bisa disembuhkan. Demikian menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association.
Memang belum ada data yang pasti di Indonesia, namun WHO tahun 2004 melaporkan ada 4,8 persen penduduk di seluruh duni ayang menjadi buta akibat retinopati diabetik.
Retinopati diabetik menyebabkan perubahan pembuluh darah di mata. Pada sebagian kasus, terjadi pertumbuhan pembuluh darah baru dan abnormal. Pembuluh darah baru ini bersifat rapuh dan mudah pecah sehingga sewaktu-waktu dapat berdarah ke dalam badan kaca yang mengisi rongga mata. Akibatnya penglihatan mendadak terhalang.
Prinsip utama dalam menangani retinopati diabetik adalah pengendalian gula darah, tekanan darah serta kadar kolesterol. Kabar baiknya, mereka yang sudah terlanjur mengalami tanda retinopati diabetik bisa dibantu dengan bedah laser.
"Bila Anda menderita diabetes, selalu monitor kadar gula darah dan lakukan pemeriksaan mata secara berkala. Bila masalah diketahui sejak dini, perburukannya masih bisa dicegah," kata Dr.Xinzhi Zhang, dari Center for Disease Control and Prevention AS.
Para penderita diabetes tipe 2 juga disarankan untuk langsung memeriksakan matanya begitu didiagnosa menderita diabetes karena sulit mengetahui sejak kapan seseorang sudah mengidap diabetes. Selanjutnya, pemeriksaan mata hendaknya dilakukan berkala setiap tahun.
Sementara itu orang yang menderita diabetes tipe 1 (umumnya anak-anak dan remaja) mungkin tidak harus langsung memeriksakan matanya namun tetap diperlukan pemeriksaan rutin setelahnya.
OBAT DIABETES ALAMI
Madu Hitam Pahit Griya Assalam merupakan obat diabetes yang bekerja secara efektif dan cepat dalam menurunkan kadar gula darah pada penderita Diabetes tipe II dan dapat meningkatkan stamina tubuh agar menjadi fit dan bersemangat dalam beraktifitas (tidak lesu/lemah). Madu Hitam Pahit Griya Assalam mengandung unsur kromium yang berperan sebagai obat diabetes dengan cara memperbaiki fungsi pankreas yang bertugas untuk memproduksi/mensekresi insulin untuk metabolisme gula agar dapat masuk dalam sel-sel tubuh dan tidak menumpuk pada pembuluh darah. Madu Hitam Pahit Griya Assalam juga merupakan obat diabetes yang mengandung senyawa Alkaloid yang berkhasiat untuk mengobati peradangan dalam tubuh dan memulihkan fungsi sel-sel tubuh. Madu Hitam Pahit Griya Assalam adalah obat diabetes yang banyak mengandung hemaglobin yang berkhasiat untuk mengikat oksigen untuk metabolisme tubuh sehingga berkhasiat untuk memulihkan serta menjaga stamina dan vitalitas tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar